News

PUI-PT AICOMS Laksanakan Grand Launching PATRIOT-Net

Bandung, AICOMS News – Pada 14 Februari 2023, PUI-PT AICOMS telah melaksanakan Grand Launching PATRIOT-Net di Gedung Damar, Telkom University. Prevention and Recovery Networks for Indonesia Natural Disasters based on Internet-of-Things (PATRIOT-Net) merupakan sebuah inovasi mitigasi bencana berbasis Internet of Things yang dikembangkan oleh PUI-PT AICOMS bekerja sama dengan PT. FUSI Global Teknologi dan BPBD Kota Padang. Penelitian PATRIOT-Net ini didukung oleh pendanaan dari LPDP melalui program RISPRO (Riset Inovatif dan Produktif) yang telah dilakukan sejak 2018.

Latar belakang PATRIOT-Net ini diawali dari usulan Direktur PUI-PT AICOMS, yakni Dr. Eng. Khoirul Anwar dalam EU-FP7 RESCUE project (2012-2017) dan Yurekuru mengenai inovasi mobile Apss di Jepang sebagai informasi kebencanaan. Selanjutnya, ide tersebut terus diteliti dan dikembangkan sehingga menjadi produk PATRIOT-Net yang telah ada saat ini. PATRIOT-Net terdiri dari dua buah sistem jaringan, yakni Sistem Jaringan Monitoring (SJM) dan Sistem Jaringan Pemulihan (SJP) yang dilengkapi dengan berbagai sensor kebencanaan, mulai dari becana tanah longsor, gempa bumi, banjir, dan tsunami sebagai deteksi dini terjadinya bencana alam yang bisa dimonitoring melalui aplikasi mobile. Selain itu, pada SJP PATRIOT-Net juga dilengkapi dengan MCRBS (Mobile Cognitive Radio Base Station) yang berfungsi sebagai penyedia akses komunikasi antara korban dan tim penyelamat saat terjadi bencana alam.

Sebagai langkah pengujian dan pembuktian kualitas dan kebermanfaatan produk, PATRIOT-Net juga telah diuji coba dibeberapa wilayah di Indonesia, seperti Kota Padang dan Kota Bandung. Dalam hal ini, Dr. Enrizal selaku Kepala BPBD Kota Padang menyatakan bahwa PATRIOT-Net sangat efektif dalam mitigasi bencana alam. Hal ini dibuktikan dari tidak adanya korban jiwa dari 491 bencana alam yang terjadi di Kota Padang selama tahun 2022. Dengan demikian, PATRIOT-Net diharapkan dapat menjadi solusi yang efektif dan efisien untuk diimplementasikan diberbagai wilayah Indonesia sebagai langkah awal mitigasi bencana serta dapat membantu upaya pemulihan pasca bencana.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *