News

PUI-PT AICOMS Tingkatkan Pemahaman Member tentang Metaverse

Bandung, AICOMS News – Pada hari Jumat, 13 Januari 2023, AICOMS menyelenggarakan zemi seperti biasa. Zemi merupakan kata singkatan dari bahasa Jepang yang berarti seminar. Dalam hal ini, AICOMS rutin menyelenggarakan zemi setiap hari Jumat agar kegiatan penelitian tetap berprogres.

Adapun, pada setiap zemi akan disampaikan progres penelitian dari masing-masing member PUI-PT AICOMS dengan beragam topik penelitian, mulai dari MCRBS dab 5G-MERDEKA, 5G-FRMCS, ROCKET, Next Generation IoT, AI/ML, sampai dengan Quantum Coding and Security.

Dalam zemi kali ini, AICOMS membahas tentang Metaverse. Materi ini disampaikan langsung oleh Dr.Eng.Khoirul Anwar, S.T.,M.Eng dengan judul “Metaverse:Immersive Virtual Universe” in 5G-Advanced and 6G”. Kata metaverse ini berasal dari sebuah novel karya Neal Stephenson’s yang berjudul “Snow Crash” (1992).

Tahukah kamu? Kata Metaversi ini adalah nama dagang dari immersive virtual universe. Hal ini diambil berdasarkan definisi metaverse menurut ITU SG17 pada 8 Januari 2023. Dalam hal ini, Metaverse didefinisikan sebagai sebuah dunia virtual tiga dimensi, dimana orang dapat berinteraksi secara real time untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti bekerja, liburan, bermain, maupun aktivitas lainnya yang berkaitan dengan digital economy.

Dalam rangka mewujudkan digital economy melalui metaverse, maka dibutuhkan berbagai integrasi teknologi yang dapat memenuhi segala kebutuhan untuk menuju digital transformation. Dalam hal ini, teknologi yang dibutuhkan untuk mewujudkan metaverse antara lain, seperti AI/ML, quantum technology, optical spectrum, 5G advanced and beyond, dan sebagainya. Oleh karena itu, diperlukan banyak talenta digital untuk membawa Indonesia maju dan dapat bersaing di era digital economy.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *